Blinkie Text Generator at TextSpace.net

The Islamic Techno Based School

Kurikulum MAN Gondanglegi

Kurikulum Yang Digunakan di MAN Gondanglegi


Kurikulum MAN Gondanglegi pada tahun pelajaran 2008/2009 mengacu pada Kurikulum Berbasis Kompetensi ( lebih dikenal kurikulum 2004 ) untuk kelas X, XI dan XII.
Program kurikulum mulai tahun pelajaran 2008/2009 yaitu program reguler dengan masa studi 3 ( tiga ) tahun.

A. Struktur Kurikulum

  • Mata pelajaran kelas X yang mengalami perubahan struktur kurikulum semesterganjil tahun pelajaran 2008/2009 adalah :
  1. Matematika : 5 jam pelajaran perminggu.
  2. Sejarah : 2 jam pelajaran perminggu.
  3. Fisika : 4 jam pelajaran perminggu.
  4. Biologi : 4 jam pelajaran perminggu.
  5. Bahasa Asing : 8 jam pelajaran perminggu, terdiri dari : Bahasa Inggris : 4 jam pelajaran perminggu, Bahasa Mandarin : 2 jam pelajaran perminggu, Bahasa Arab : 2 jam pelajaran perminggu.

KRITERIA KENAIKAN KELAS DAN PENJURUSAN

1. Kenaikan Kelas.

Dilaksanakan pada setiap akhir tahun pelajaran

  • Siswa dinyatakan tidak naik kelas XI, apabila yang bersangkutan tidak mencapai ketuntasan belajar minimal, lebih dari 3 (tiga) mata pelajaran.
  • Siswa dinyatakan tidak naik kelas XII, apabila yang bersangkutan tidak mencapai ketuntasan belajar minimal, lebih dari 3 (tiga) mata pelajaran, yang bukan mata pelajaran ciri khas program studi.Sebagai contoh : Bagi siswa kelas XI
    o Program studi Ilmu Alam, tidak boleh memiliki nilai yang tidak tuntas pada mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi.
    o Program studi Ilmu Sosial, tidak boleh memiliki nilai yang tidak tuntas pada mata pelajaran Sejarah, Geografi, Ekonomi, dan Sosiologi.
    o Program studi Ilmu Bahasa, tidak boleh memiliki nilai yang tidak tuntas pada mata pelajaran Antropologi, Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Asing lainnya yang menjadi pilihan.
  • Rata-rata Nilai Kepribadian dan Nilai Ekstra kurikuler minimal B (baik)
  • Prosentase kehadiran selama satu tahun minimal 95% / Absen ALPA maksimal 12 hari
  • Siswa yang tidak naik kelas, diwajibkan mengulang yaitu mengikuti seluruh kegiatan pembelajaran pada tingkat kelas yang sama pada tahun pelajaran berikutnya

2. Penjurusan

  • Penentuan penjurusan program studi Ilmu Alam, Ilmu Sosial dan Ilmu Bahasa dilakukan akhir semester 2 kelas X (sepuluh).b. Pelaksanaan penjurusan program studi di semester 1 kelas XI.
  • Kriteria penjurusan program studi meliputi: Nilai akademik Siswa yang naik kelas XI dan akan mengambil program studi tertentu yaitu: Ilmu Alam atau Ilmu Sosial atau Bahasa; boleh memiliki nilai yang tidak tuntas paling banyak 3 (tiga) mata pelajaran pada mata pelajaran-mata pelajaran yang bukan menjadi ciri khas program studi tersebut.

Siswa yang mempunyai kasus khusus ( misal : tidak dapat dijuruskan ) akan ditetapkan kemudian

Comments :

0 komentar to “Kurikulum MAN Gondanglegi”


Posting Komentar